Sosialisasi Program Studi Magister Ilmu Pangan ke Dinas Ketahanan Pangan Medan

mediasumutku.com | MEDAN – Program studi Magister Ilmu Pangan (PS-IPN) Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara pada tanggal 5 Desember 2019 telah melakukan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk mensosialisasikan Program Studi Magister Ilmu Pangan kepada para staf yang ada di sana.

Dalam kunjungan tersebut Program Studi Magister Ilmu Pangan yaitu pengelola diwakili Plt.Sekretaris (Era Yusraini, S.TP, M.Si), tenaga kependidikan dan mahasiswa PS IPN diterima dengan baik oleh pihak Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengawasan Keamanan Pangan (Ibu Ir. Julina Sari Siregar), Kepala Seksi Kelembagaan Keamanan Pangan (Ibu Sally Maya Vida, SE, M.Si) serta Kepala Seksi Informasi dan Kerjasama Keamanan Pangan (Bapak Eduard Nupuku, STP).

Eduard menyampaikan bahwa pihak Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan menerima sosialisasi yang disampaikan dikarenakan banyak staf Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan yang membutuhkan informasi institusi untuk melanjutkan studi jenjang program Magister maupun Doktor.

Selanjutnya, pengelola PS IPN menyampaikan informasi terkait Visi-Misi, staf akademik, jumlah mahasiswa dan alumni, tujuan, fasilitas, kolaborasi serta aktivitas kegiatan program studi Magister Ilmu Pangan selama tahun 2018-2019.

Selain itu, juga diinformasikan bahwa PS IPN yang berdiri tahun 2012 tersebut telah menghasilkan alumni sebanyak 20 orang yang tersebar di seluruh Indonesia yang sebagian besarnya setelah tamat telah berhasil menjadi akademisi (dosen di beberapa universitas negeri dan swasta).

Dalam tanya jawab selama sosialisasi berlangsung beberapa staf Dinas Ketahanan Pangan yang menanyakan tentang beberapa hal terkait beasiswa dan pelaksanaan penelitian mahasiswa PS Ilmu Pangan telah mendapatkan jawaban bahwa calon mahasiswa dapat melamar beberapa beasiswa misalnya LPDP maupun Hibah Pasca Sarjana untuk dana penelitian.

Pada akhir pemaparan juga disampaikan bahwa pada semester genap tahun akademik 2019/2020 pendaftaran mahasiswa baru pasca sarjana di USU termasuk di Magister Ilmu Pangan adalah sampai 03 Januari 2020 yang websitenya dapat diakses di https://penerimaansps.usu.ac.id/.

About the author