Siang Ini, Harga Emas Spot Masih Bergerak Volatile

mediasumut.com | JAKARTA – Harga emas spot Kamis (2/1) terpantau naik tipis. Pukul 13:00 WIB, harga emas spot berada di kisaran US$ 1.520,29 per ons troi, naik 0,20% dibandingkan penutupan kemarin. Sementara emas berjangka terpantau turun 0,1% menjadi US$ 1.521,60 per ons troi.

Kenaikan tipis harga emas spot ini tidak lain karena adanya respon positif terhadap kemajuan hubungan perjanjian perdagangan antara pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan China.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Selasa kesepakatan perdagangan Fase 1 dengan China akan ditandatangani pada 15 Januari di Gedung Putih, meskipun investor masih menunggu detail dari perjanjian tersebut.

Sementara, di awal tahun 2020, dollar AS berada di bawah tekanan. Greenback yang lebih lemah membuat harga komoditas dalam dollar AS, seperti logam mulia, lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Sedangkan di China, Bank sentral negara itu mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya memangkas jumlah uang tunai yang harus dimiliki semua bank sebagai cadangan, melepaskan sekitar 800 miliar yuan dana untuk menopang perlambatan ekonomi.

About the author